Delphi Di WIn 7,.bisa kah??  

Posted by Mbeng's Blog in

Bagi pecinta Borland Delphi7 atau anda mahasiswa yang sedang mengambil praktikum mata kuliah pemrograman dengan Delphi7, mungkin pernah bermasalah dengan Delphi pada saat diinstal pada Windows 7, padahal kalau di windows XP g ada masalah. Nah saya punya sedikit trik yang kebetulan baru saya alami dan didapat dari web sebelah beberapa hari ini pada saat saya instal delphi di windows 7. Padahal sebelumnya saya gunakan di windows XP ga ada masalah sedikitpun berhubung NB (notebook) di instal win 7 jd coba2 deh. Namun, perlu diketahui, ga semua delphi7 pada saat di instal diwindows 7 Delphi bermasalah.

Nah, pada saat saya menggunakan Delphi diwindows 7, saya menemukan 2 masalah pada Delphi7. yang akan dibahas satu per satu beserta cara mengatasinya.

Pada saat saya instal delphi untuk yang pertama kalinya, semuanya berjalan baik baik saja (pada step penginstalan), masalahnya baru muncul pada saat Delphi7 saya gunakan. ternyata Delphi7 ga bisa menampilkan form. padahal form adalah media utama untuk desain interface program yang akan kita buat sebelum kita menambahkan koding - koding yang digunakan untuk mengeksekusi dan menjalankan perintah perintah yang kita minta. langsung ajah dech ke pokok permasalahan :

1st problem :
Jika Delphi tidak bisa menampilkan form, biasanya akan ada perintah Please rename C:\Program Files\BORLAND\Delphi7\Bin\delfhi32.$$$ to C:\Program Files\BORLAND\Delphi7\Bin\delfhi32.dro.

Sollution :

1. masuk ke explorer

2. masuk ke C:\Program Files\BORLAND\Delphi7\Bin\

3. Kemudian cari file Delphi32.$$$

4. Rename file tersebut dengan mengganti ekstensinya saja menjadi .dro.
5. Jika anda kesulitan untuk menemukanya, coba anda klik tombol Compatibility Files (pada top bar), maka file tersebut akan muncul secara otomatis.

6. Kemudian coba jalankan delphi anda. nice step.

2nd problem :
Jika pada saat anda membuat program, namun pada saat anda meruningnya dan program dinyatakan [Fatal Error] Could not create output file 'C:\Program Files\Borland\Delphi7\Projects\Project1.exe' pada eror editornya (dibawah tempat menulis koding program). Itu disebabkan karena tidak adanya file Projectnya, sehingga program tidak bisa dieksekusi.


Sollution :

1. lagi-lagi masuk ke explorer

2. Masuk ke direktori C:\Program Files\Borland\Delphi7\Projects\

3. kemudian buka notepad.

4. save notepad ke dalam direktori C:\Program Files\Borland\Delphi7\Projects\ dengan nama Project1.exe dan biarkan notepad dalam keadaan kosong pada saat disave.

5. Jalankan delphi seperti biasa.

semoga membantu (ref www.aamid.co.cc)

This entry was posted on May 1, 2010 at Saturday, May 01, 2010 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

1 komentar

sarpani  

mana materi2nya delpi sebelum uts ma sesudah.....

June 17, 2010 at 12:12 PM

Post a Comment

Mw sms g da pulsa??punya koneksi internet??ini dia solusinya..